www.seputarasuransi.com - semuanya ada disini - saatnya berasuransi syariah - saatnya menuju kebaikan

Kamus dan Istilah : Abjad A

kamus
accident 
Suatu peristiwa tak terduga yang terjadi secara tiba-tiba dan tidak diinginkan, yang menyebabkan hilang dan atau rusaknya sesuatu objek pertanggungan, atau yang menyebabkan cideranya seseorang.

accident frequency 
Tingkat kecelakaan yang terjadi dalam suatu periode tertentu atau perbandingan antara jumlah kecelakaan yang terjadi dengan jumlah yang dipertanggungkan dalam periode tertentu.
Contoh:
-   Jumlah kecelakaan kendaraan bermotor pada tahun 2007 adalah 200 kali.
-   Jumlah kendaraan bermotor yang dipertanggungkan pada PT X pada tahun yang sama adalah 1000 unit.
-   Accident Frequency adalah 200 : 1000 = 1/5 atau 20%. Dengan demikian, dari setiap 100 unit kendaraan yang dipertanggungkan rata-rata 20 kendaraan mengalami kecelakaan.

accident loss report form 
Suatu "formulir" yang harus diisi oleh tertanggung untuk pengajuan tuntutan ganti rugi yang berisikan penjelasan tentang sebab-sebab terjadinya kecelakaan, taksiran besarnya kerugian, dan sebagainya. Di samping jawaban atas daftar pertanyaan tersebut, sering diperlukan juga dokumen pendukung untuk memperkuat pembuktian atas kerugian yang diderita tertanggung, seperti surat keterangan polisi, laporan adjuster, dan Iain-lain

accident prevention (accident loss prevention) 
Dalam arti sempit berarti usaha-usaha yang dilakukan untuk mencegah terjadinya suatu kecelakaan. Dalam arti luas mencakup segala upaya untuk menghindari dan/atau mengawasi terjadinya suatu kerugian, seperti menyediakan alat-alat pencegah atau pemadam kebakaran, pemberian pelatihan dalam cara-cara penanggulangan atau pemadam kebakaran, pengaturan tata letak barang-barang di dalam gudang, pemisahan proses produksi yang berbahaya, dan pengaturan jarak antara bangunan sehingga kebakaran yang menimpa suatu bangunan tidak mudah menjalar ke bangunan lainnya.
Pada mulanya accident prevention tersebut lebih ditekankan pada Engineering Approach, yang mencakup usaha-usaha perbaikan atau pencegahan yang bersifat teknis dan fisik, misalnya:
-   Tidak diperkenankan memakai baju berlengan panjang dan berambut panjang bagi karyawan yang bertugas sebagai operator mesin-mesin untuk mencegah terjadinya kecelakaan.
Dalam perkembangan selanjutnya, di samping Engineering Approach, Human Approach juga mendapat perhatian yang penting, misalnya penataan lingkungan kerja sehingga tidak menimbulkan kejenuhan dan kejemuan kerja, ventilasi dan cahaya yang cukup, warna dinding, dan sebagainya, yang juga mempengaruhi kenyamanan kerja secara psikologis.

accidental 
Sesuatu yang terjadi karena atau disebabkan oleh suatu kecelakaan. Accidental Death berarti kematian yang disebabkan oleh suatu kecelakaan. Accidental Medical Reimbursement berarti penggantian biaya pengobatan yang disebabkan oleh suatu kecelakaan.


accrued interest 
Jumlah bunga yang terkumpul dalam suatu polis asuransi jiwa, dihitung sejak dimulainya pertanggungan, sehingga nilai tunai pada akhir masa pertanggungan akan menjadi sebagai berikut: Accrued Interest + Accrued Saving Premium, atau (bunga seluruhnya + Tabungan)

accrued saving premium 
Dalam asuransi jiwa berarti jumlah premi yang terhimpun dari unsur tabungan (saving) dihitung sejak dimulainya pertanggungan.

act of god 
-   Asuransi Kerugian: Peristiwa atau bencana yang ditimbulkan dari perubahan-perubahan keadaan alam di luar jangkauan dan kekuasaan manusia. Sering disebut sebagai bencana alam seperti gempa bumi, banjir, angin topan, tanah longsor.
-   Asuransi Jiwa: Meninggal dunia secara wajar (Natural Death) untuk membedakannya dengan meninggal secara tidak wajar seperti kematian karena kecelakaan (Accidental Death).

act or war 
Segala tindakan, perbuatan atau akibat yang timbul dari suatu peperangan, seperti misalnya penahanan kapal oleh musuh. Hal tersebut merupakan kerugian-kerugian yang dikecualikan dalam Asuransi Laut (Marine Cargo) dan Asuransi Kapal (Marine Hull).

actual cash value (ACV) 
Asuransi Kerugian:
-   Nilai tunai sebenarnya yang diperoleh dengan cara mengurangi nilai pengganti (Replacement Cost/RC) dengan penyusutan (Depre-ciation/D).
ACV = RC - D
Asuransi Jiwa:
-   Nilai tunai sebenarnya yang dapat diperoleh tertanggung jika ia membatalkan polisnya, atau merupakan jumlah maksimal yang dapat dipinjam oleh tertanggung kepada penanggung dengan jaminan polis asuransi jiwa tersebut.                      

aktuaria/aktuaris 
Seorang professional dibidang asuransi yang bekerja mengevaluasi, menganalisis, dan mengelola data – data statistic. Dia juga bertanggung jawab menilai cadangan perusahaan asuransi serta menakar resiko keuangan.

anuitas 
Anuitas memberikan suatu penghasilan tahunan tetap seumur hidup. Biasanya, sejumlah tunai uang diinvestasikan agar di kemudian hari dapat menghasilkan dana untuk memperoleh penghasilan tetap seumur hidup tersebut.





Related Article:

 
Copyright 2010 Blog TAKAFUL. All rights reserved.
Themes by Bonard Alfin l Home Recording l Distorsi Blog